Jumat, 29 April 2016

KISI-KISI INSTRUMEN PENILAIAN


LEMBAR EVALUASI

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Dengan
Menggunakan ................... Pada Mata  
Pelajaran ............................. Kelas ......
Di SMA/SMK ............ Kabupaten .........

UNTUK AHLI MATERI

Judul Program
:

Mata Pelajaran
:

Sasaran Program
:

Nama Ahli Materi
:

Tanggal
:

Bapak/ Ibu yang terhormat,
Lembaran evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui pendapat Bapak/Ibu sebagai ahli materi (content) tentang multimedia pembelajaran yang akan ditayangkan pada Bapak/Ibu. Karena itu, diharapkan dapat memberikan respon untuk setiap pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda (√) pada kolom di bawah ini sesuai dengan penilaian dari Bapak/Ibu, serta menuliskan komentar atau saran pada kolom yang disediakan.
Petunjuk Pengisian
    v  Isilah tanda check (√) pada kolom yang Bapak/ Ibu anggap sesuai dengan aspek penilaian yang ada.
    v  Kriteria penilaian:
Pernyataan
Skor
Sangat Baik
5
Baik
4
Cukup
3
Tidak Baik
2
Sangat Tidak Baik
1
v  Atas kesediaan anda untuk mengisi lembar evaluasi ini, saya ucapkan terima kasih.
Indikator
Penilaian
Butir Penilaian
Skala Penilaian
1
2
3
4
5
Ketercapaian materi dengan tujuan pembelajaran.
Kesesuaian materi dengan SK dan KD
1.      Kelengkapan materi





2.      Keluasan materi





3.      Kesesuaian dengan SK dan KD





Kebenaran materi dari segi konsep dan teori.
Kemutakhiran materi
4.      Kesesuaian materi dengan perkembangan ilmu.





5.      Gambar, diagram, dan ilustrasi aktual.





Aktualitas materi dengan kondisi sasaran.
Keakuratan materi
6.      Keakuratan konsep dan teori





7.      Keakuratan fakta dan data





8.      Keakuratan contoh





9.      Keakuratan soal.





10.  Keakuratan notasi, simbol dan ikon.





Ketepatan contoh dengan materi dan kondisi sasaran.
Pendukung materi pembelajaran
11.  Keterkaitan materi satu dengan yang lain.





12.  Kemenarikan materi





13.  Mendorong untuk mencari informasi lebih jauh





Sistematika Penyajian.
Teknik penyajian
14.  Konsistensi sistematika sajian dalam kegiatan belajar.





Pendukung penyajian
15.  Contoh-contoh soal dalam setiap kegiatan belajar.





16.  Soal latihan pada setiap akhir kegiatan belajar.





17.  Umpan balik soal latihan.





Tata bahasa dalam penyampaian
Lugas dan Komunikatif
18.  Ketepatan struktur kalimat.





19.  Keefektifan kalimat.





20.  Ketepatan penggunaan kaidah bahasa.





Jumlah

Rata-rata

Komentardan Saran

..................................................................................................................................

..................................................................................................................................

..................................................................................................................................

..................................................................................................................................

..................................................................................................................................
Kesimpulan:
Produk ini dinyatakan *)
         a.      Layak uji tanpa revisi
        b.      Layak uji dengan revisi
         c.      Tidak layak uji
Ahli Materi,




(  ..................................................)
*) Lingkari salah satu