Rabu, 01 Februari 2012

"NASKAH AUDIO RADIO"

Pemain / Istilah
Narasi/Audio
Musik Pembuka
In – up – down – out.
Annauncer
(on – mike) “assalamu’alaikum Wr. Wb, selamat pagi para pendengar, jumpa lagi dengan Lilis Satya dalam acara Forum Informasi Kesehatan yang dikelola oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja, acara ini ditujukan untuk para pemirsa sekalian”.
Musik
In – up – down – out.
Narator
(on – mike) “Para pendengar sekalian dimanapun anda berada, pada kesempatan kali ini kami hadir dalam rangka memberitahukan kepada masyarakat tentang betapa pentingnya keseimbangan tubuh bagi kesehatan, untuk lebih jelasnya mari kita dengarkan pembahasan uraian materi berikut ini”.
Musik
In – up – down – out
Narasumber
(On - mike) “Selamat pagi pemirsa, pada kesempatan kali ini saya sebagai narasumber akan menjelaskan dan menginformasikan kepada masyarakat semua tentang betapa pentingnya memiliki keseimbangan tubuh bagi kesehatan kita.
Musik
In – up – down – out
Narasumber
( On – mike ) “Pemirsa sekalia mempunyai postur tubuh yang terlalu gemuk memanglah mempunyai banyak risikonya, antara lain sakit jantung akan meningkat. Namun pemilik tubuh kurus juga tidak selamanya bisa sehat, sebab berat badan yang terlalu rendah sama bahayanya bagi kesehatan jantung khususnya pada pria.


Pemain / Istilah
Narasi/Audio
Musik
In – up – down – out
Narasumber
( On – mike ) Nmaun tidak  semuanya pria kurus mempunyai risiko tinggi untuk sakit jantung, hanyalah pria – pria yang secara genetis memang tidak bisa gemuk. Pria yang terlahir tidak mempunyai bakat gemuk dicirikan dengan adanya gen IRS1 didalam struktur DNA (Deoxyribo Nucleic Acid.)
Musik
In – up – down – out
Narasumber
( On – mike ) Menurut penelitian para ahli dari MRC Epidemiology Unit di Cambridge, pria dengan gen IRS1 cenderung memiliki kadar lemak jahat yang lebih tinggi dalam darah. Selain itu, tubuhnya cenderung lebih sulit mengolah gula sehingga rentan diabetes.
Musik
In – up – down – out
Narasumber

( On – Mike ) Kadar lemak jahat yang lebih tinggi meningkatkan risiko sakit jantung hingga 20% dibandingkan pria normal dengan berat badan ideal. Risiko ini sama tingginya dengan para pria yang mengalami obesitas atau sekadar kelebihan berat badan.
Musik
In – up – down – out
Narasumber
( On – mike ) dari hasil penelitian yang dipimpin Dr. Ruth Loss itu, menjelaskan bahwa seorang pria tampak gemuk karena adanya timbunan lemak dibawah kulit. Timbunan lemak itu disebut lemak subkutan, lemak ini lebih jarang ditemukan pada pria yang memiliki gen IRS1, karena lemak ditimbun ditempat lain.
Musik
In – up – down – out




Pemain / Istilah
Narasi/Audio
Narasumber
( On – mike ) Kelebihan lemak dalam darah pada pria – pria tersebut justru ditimbun ditempat lain yang berbahaya, yakni di organ dalam tubuh. Meski tidak membuatnya tampak gemuk, namun timbunan lemak itu sangat berisiko jika mulai melapisi jantung dan organ vital lainnya.
Musik
In – up – down – out
Narasumber
( On – mike ) sederhananya, tidak cuma pria gemuk yang rentan diabetes dan penyakit jantung. Pria kurus tidak boleh merasa aman hanya berdasarkan penampilan luarnya saja, ungkap Dr. Ruth Loss.
Musik
In – up – down – out
Narasumber
( On – mike ) menurut penelitian yang dilakukan diLondon School of Hygiene & Tropical Medicine, Inggris, beberapa waktu lalu menyebutkan wanita terlalu kurus rentan keguguran. Sekitar 72 persen keguguran itu terjadi pada trimester pertama. Untuk mencegah hal itu terjadi, wanita hamil harus mengupayakan kehamilan yang sehat.
Musik
In – up – down – out
Narasumber
(on – mike) Dalam riset yang dipimpin Prof Noreen Maconochie itu para ahli meneliti 6.116 wanita usia 18-55 tahun yang tengah hamil trimester pertama (di bawah 12 minggu). Dari penelitian itu dilaporkan bahwa wanita terlalu kurus rentan mengalami keguguran. Keguguran adalah persalinan prematur sebelum janin mampu hidup sendiri, biasanya terjadi sebelum kehamilan berusia 20 minggu.
Musik
In – up – down – out
Pemain / Istilah
Narasi/Audio
Narasumber
(on – mike) Laporan itu juga menyebutkan, sekitar 72 persen keguguran terjadi pada trimester pertama yang memang rentan keguguran, sebab janin belum tumbuh dengan kuat. Sayangnya laporan itu tidak menyebutkan kaitan antara badan kurus dengan keguguran.
Musik
In – up – down – out
Narasumber
(on – mike) Berat badan yang ideal merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan kehamilan. Namun yang kurang diketahui adalah berat badan terlalu kurus jauh lebih berpengaruh dalam kesuburan dibanding dengan orang yang kegemukan. Dr.Richard Sehrbahn, pakar fertilitas dari Chicago, AS, mengatakan bahaya dari berat badan terlalu kurus selama ini sering diabaikan. Padahal, dalam penelitian yang dilakukannya, orang kurus lebih sulit hamil dibanding dengan orang yang gemuk.
Musik
In – up – down – out
Narasumber
(on – mike ) Selama 8 tahun Sherbahn, yang berpraktik di Advanced Fertility Center of Chicago, telah menangangi 2.500 sesi program bayi tabung. Para wanita yang menjadi pasiennya dibagi ke dalam tiga kelompok berdasarkan berat badan, sangat kurus, normal, dan obesitas. Wanita dari kelompok berat badan normal termasuk dalam wanita yang dikelompokkan kegemukan di Inggris.Sekitar 50 persen dari wanita di kelompok berat badan normal telah memiliki bayi. Demikian pula 45 persen wanita dari kelompok obesitas, termasuk wanita yang masuk dalam sangat kegemukan.Akan tetapi pada wanita yang tergolong sangat kurus, angka keberhasilan kehamilannya hanya 34 persen. Wanita yang disebut terlalu kurus dalam kelompok ini adalah yang indeks
Pemain / Istilah
Narasi/Audio

massa tubuhnya berkisar 14-18.
Musik
In – up – down - out
Narasumber
(on – mike) Menurut Sherbahn, kesulitan hamil secara alami pada wanita kurus terjadi karena penurunan hormon estrogen. Akan tetapi wanita yang ikut program bayi tabung akan diberikan hormon sehingga seharusnya hal ini bukan jadi penyebab rendahnya angka keberhasilan hamil.Para wanita dalam tiga kelompok penelitian ini memproduksi sel telur dalam jumlah yang sama, karena itu pada wanita yang terlalu kurus masalahnya terjadi pada proses selanjutnya. Kemungkinannya adalah embrio sulit menempel ke rahim karena wanita yang terlalu kurus biasanya kekurangan gizi.
Musik
In – up – down – out
Narasumber
(on – mike) Dr.Richard Sehrbahn pun menambahkan, kebanyakan wanita tidak menyadari bahwa tubuh yang terlalu kurus bisa mengganggu kesuburannya. "Para gadis muda sepertinya berpikir tubuh super kurus adalah yang ideal. mereka tidak memahami ada risiko di balik itu," imbuhnya. Karena itu ia menyarankan agar wanita yang sedang berusaha untuk memiliki momongan, baik secara alami atau mengikuti program kesuburan dan bayi tabung, untuk menaikkan berat badannya mendekati berat ideal.
Musik
In – up – down - out
Narator
( On-mike) Para pendengar sekalian, demikianlah pembahasan  materi tentang keseimbangan tubuh baik untuk kesehatan yang disampaikan oleh narasumber, dan untuk lebih jelasnya  saya serahkan kepada rekan saya yatmanto untuk melakukan
Pemain / Istilah
Narasi/Audio

wawancara dengan narasumber mengenai keseimbangan tubuh baik untuk kesehatan ini kepadanya saya persilahkan.
Musik
In – up – down – out
Pewawancara
( on – mike ) Baiklah, terima kasih kepada saudara Lilis satya, baiklah selamat pagi para pendengar sekalian jumpa lagi dengan saya dalam acara forum informasi kesehatan, pak disini kita akan membahas tentang keseimbangan tubuh baik untuk kesehatan, sebelumnya apa penting kah kita memiliki keseimbangan atau berat badan yang ideal itu……..?”
Narasumber
( On – Mike ) “ooo..., memang sangatlah penting bagi kita memiliki keseimbangan tubuh dan berat badan yang ideal karena tidak hanya orang – orang yang mempunyai berat badan yang melebihi saja mempunyai berbagai macam risiko terkena penyakit apalagi bagi orang yang mempunyai tubuh kurus juga mempunyai risiko penyakit”.
Pewawancara
( On – Mike ) “oh iya pak...., Apa saja sih resiko yang ditimbulkan jika mempunyai tubuh yang terlalu kurus itu?
Narasumber
(on – mike) “baiklah, mempunyai tubuh yang terlalu kurus mempunyai banyak risiko yang ditimbulkan diantaranya yaitu mempunyai tubuh yang terlalu kurus itu banyak sekali resiko terkena penyakit misalnya sakit jantung hingga 20% dibandingkan pria normal yg mempunyai berat badan ideal dan juga rentan terkena diabetes karena tubuhnya cenderung lebih sulit mengolah gula”.
Pewwancara
(on – mike) “oh ya pak... apa sih resikonya jika memiliki kadar lemak dalam darah yang berlebihan?”


Pemain / Istilah
Narasi/Audio
Narasumber
(on – mike) “terimakasih, mempunyai kadar lemak yang berlebihan didalam darah terlalu banyak resiko dan berbahaya bagi pria tersebut dan kelebihan lemak dalam darah pada pria justru dapat menimbun lemak ditempat berbahaya diantaranya yakni ditempat – tempat organ yang ada didalam tubuh”.


Pewawancara
(on – mike) “baiklah pak, jadi pola makan dan olahraga yang seimbang juga sangatlah mendukung kesehatan kita menjadi maksimal dan terjangkit  risiko seperti itu tadi ya pak...?
Narasumber
(on – mike) “iya benar, pola makan yang teratur dan tidak sembarangan juga sangatlah mendukung untuk mendapatkan berat badan yang seimbang bagi tubuh kita, dan juga didukung oleh olahraga yang teratur dan sesuai sehingga dapat memaksimalkan dan mampu menjaga kondisi tubuh kita”.
Pewawancara
(on – mike) “oh iya pak... itu kan untuk pria yang kurus, nah bagaimana kalau itu terjadi terhadap seorang perempuan, ya pak...?
Narasumber

(on – mike) “iya baiklah, berdasarkan penelitian yang dilakukan di London school of Hygiene & Tropical Medicine, perempuan yang terlalu kurus memiliki resiko 72% lebih besar pada trimester pertama. Dan terlalu kurus juga dapat menyebabkan perempuan itu lebih rentan mengalami morning sickness, yakni mual, muntah saat hamil muda”.
Pewawancara
(on – mike) “ooh... selain itu adakah resiko yang lain lagi bagi kehamilan seorang perempuan yang mempunyai tubuh yang terlalu kurus ya pak...?


Pemain / Istilah
Narasi/Audio
Narasumber
(on – mike) “iya tentunya, selain itu seorang perempuan pun cenderung untuk susah hamil bila dibandingkan dengan mereka yangbertubuh gemuk atau obesitas. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Sherbahn di Chicago yang hasil penelitiannya diketahui bahwa 50% dari jumlah wanita dengan berat badan normal, bisa memiliki seorang bayi. Sedangkan untuk kategori gemuk (obesitas) yang berhasil memiliki anak ada 45%. Untuk kategori wanita berbadan sangat kurus hanya 34% dari mereka yang bisa memiliki bayi”.
Pewawancara

(on – mike) “selanjutnya, kenapa untuk wanita yang kurus juga harus memiliki risiko tersebut ya pak...?”
Narasumber

(on – mike) “iya terimakasih, baiklah... kenapa wanita yang memiliki berat badan yang terlalu kurus atau bahkan sangat kurus tidak dapat hamil, karena menurut penelitian yang dilakukan tersebut, mempunyai tubuh kurus dapat menurunkan kemungkinan seorang wanita untuk hamil, hal ini seiring dengan penurunannya hormon esterogen yang terjadi pada wanita yang sangat kurus.
Pewawancara
(on – mike) “selain itu bagaimana cara pencegahannya jika seorang perempuan kurus yang sedang dalam masa kehamilan agar supaya tidak terjadi sesuatu terhadap kandungannya atau bagaimana saja upaya pencegahannya tersebut karenakan terlalu kurus juga tidak baik bagi kandungan wanita tersebut...?
Narasumber
(on – mike) “iya agar tidak terjadi sesuatu pada kandungan wanita tersebut, hendaknya harus mengimbangi berat badan nya terlebih dahulu dengan cara pemeriksaan dini, makan makanan yang bergizi sehingga mendapatkan tenaga yang lebih fit lagi,
Pemain / Istilah
Narasi/Audio

kemudian melakukan imunisasi dan istirahat yang cukup”.
Pewawancara
(on – mike) “Jadi, intinya memiliki ukuran tubuh yang terlalu kurus pun tidak baik dan cukup memiliki risiko yang tinggi bagi  kehamilan seorang perempuan itu sendiri ya pak ya...”
Narasumber





(on – mike) “oh.. iya tentunya memang begitu, karena memiliki tubuh yang terlalu kurus juga sangatlah berisiko tinggi bagi kehamilan itu sendiri, karena otomatis kekuatan fisik juga tidak terlalu kuat dan tidak adanya keseimbangan yang dapat mempertahankan kandungan itu sendiri, namun jika diimbangi dengan asupan vitamin dan gizi yang seimbangan maka memiliki tubuh yang kurus pun tidak akan terlalu berisiko terlalu tinggi terhadap kehamilannya sendiri”.
Pewawancara
(on – mike) “nah..  jika terlalu kurus pun tidak baik bagi kehamilan seorang perempuan, maka bagaimana dengan seorang laki – laki yang terlalu kurus juga akan sulit untuk mendapatkan keturanan nantinya ya pak...?”
Narasumber
(on – mike) “Benar sekali, pria yang terlampau kurus pun bisa mengalami gangguan produktivitas sperma,tapi bukan alasan yang sama dengan pria obesitas. Pria yang dengan badan kurus akan memiliki sistem hormon yang tidak seimbang dan juga kurangnya asupan nutrisi yang kurang.       
Pewawancara
(on – mike) “dan satu pertanyaan saya yang terakhir pak..., hmmm.... bagaimana tips agar memiliki keseimbangan tubuh yang sehat dan seimbang untuk tubuh kita, agar kita setidaknya dapat meminimalisir gejala – gejala atau bahkan beberapa penyakit seprti yang telah kita perbincangkan tadi....?”


Pemain / Istilah
Narasi/Audio
Narasumber
(on – mike) “dalam kehidupan sehari – hari hendaklah kita memakan makanan yang kaya akan gizi dan bervitamin juga teratur sehingga dapat menjadikan tubuh kita sehat dan tidak terjangkit penyakit, dan juga kita harus mengatur pola makan kita secara teratur sehingga dapat mengatur berat badan kita agar tidak terdapat penumpukan lemak yang terlalu banyak didalam tubuh, ada baiknya sehari – harinya



kita perlu untuk berolahraga seperti ketempat fitnes ataupun olahraga lari – lari kecil atau jogging pada waktu – waktu tertentu, sehingga dapat membakar lemak yang ada didalam tubuh”.
Pewawancara
(on – mike) “baiklah pak, terimakasih telah berkenan hadir didalam acara forum kesehatan yang membahas topik tentang “Betapa Pentingnya Menjaga Keseimbangan Tubuh Bagi Kesehatan”.
Narasumber
(on – mike) “iya, sama – sama..”
Musik
In – up – down – out
Narator


(on – mike) “Para pendengar sekalian, dari hasil wawancara tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa mempunyai berat badan yang kurus juga berisiko terjangkit sakit jantung dan bahkan diabetes bagi pria – pria yang terlalu kurus. Namun, tidak hanya itu mempunyai tubuh yang terlalu kurus pun mempunyai risiko untuk tidak mendapatkan keturunan karena berkurangnya sperma didalam tubuh dan juga mempunyai tubuh yang terlalu kurus bahkan sangat membahayakan bagi seorang perempuan yang sedang hamil karena seorang wanita yang sedang mengalami kehamilan ternyata akan terjadi penurunan kemungkinan untuk hamil, seiring dengan pernurunan hormon estrogen yang terjadi pada wanita yang berpostur kurus.
Musik
In – up – down – out
Annauncer
(On-mike) “para pendengar sekalian, demikianlah acara forum informasi kesehatan kali ini, sampai jumpa lagi lain waktu dengan topic yang beberbeda dalam acara yang sama dan terima kasih, Wassalamu’alaikum,Wr, Wb.”
Musik Penutup
In – up – down – out  (Yang Terdalam – Peterpan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar